Langsung ke konten utama

Apa Itu Osnap?

Panduan Belajar Autocad bagi Pemula menjelaskan tentang Apa itu Osnap serta beberapa pilihan osnap yang paling sering digunakan seperti: endpoint, midpoint, center, node, quadrant, intersection, perpendicular dan nearest.

Osnap itu singkatan dari Object Snap, adalah penentuan titik snap atau klik pada lokasi yang tepat pada objek.
Osnap memiliki tombol on/off yang terletak di bagian paling bawah layar autocad. Mengaktifkan atau menonaktifkan tombol ini dapat menggunakan cara klik menggunakan mouse atau yang paling simple menekan tombol F3 pada keyboard. Penggunaan keyboard sangat kami sarankan dibandingkan menggunakan klik. Kemudian, mengapa perlu on/off? Ada kalanya penentuan titik snap ini sangatlah membantu, tetapi pada satu kasus tertentu justru dianggap menggangu. Nanti teman-teman juga akan pernah mengalaminya.

Ketika awal sekali kita ingin memulai menggambar, pastikan mengecek pilihan atau setting osnap yang kita gunakan. Cara menampilkan: arahkan mouse tepat pada tombol on/off osnap, kemudian klik kanan, akan muncul kotak menu seperti pada gambar di bawah. 

Gambar menu setting osnap autocad

Gambar Menu Setting Osnap Autocad







Pilihlah setting, maka akan muncul kotak drafting setting seperti gambar berikut:

Gambar Setting Osnap Autocad

Gambar Draft Setting Osnap Autocad




















Terlihat bermacam pilihan mode object snap: endpoint, midpoint, center dst. Pilihlah dengan menconteng. 

Pilihan yang paling sering digunakan:
Endpoint : penentuan point snap tepat diakhir atau ujung object.
Midpoint : penentuan point snap tepat di tengah-tengah object.
Center : penentuan point snap tepat di tengah/center dari object lingkaran.
Node : penentuan point snap tepat di bagian hasil pembagian object. Untuk lebih mengerti mengenai node, baca juga tentang modify divide.
Quadrant : penentuan point snap tepat di seperempat bagian object lingkaran.
Intersection : penentuan point snap tepat di titik pertemuan atau persilangan object.
Perpendicular : penentuan point snap tepat di bagian ketegak-lurusan garis dengan object yang membatasinya.
Nearest : penentuan point snap tepat di manapun kursor ditempatkan/di bagian terdekat object.

Cara lain menampilkan pilihan object snap (osnap) dengan menekan shift-klik kanan, maka akan muncul kotak pilihan seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar pilihan osnap autocad
Gambar Pilihan Osnap Autocad

 































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of