Langsung ke konten utama

Cara Membuat Garis pada Autocad

Cara Membuat Garis merupakan materi yang paling dan harus dikuasai pertama kali ketika seseorang ingin menguasai Autocad. Sehingga penting sebagai panduan belajar bagi pemula. Ada 3 cara membuat garis pada autocad yang harus dikuasai, yaitu (1) pertama dengan menentukan titik klik, (2) kedua dengan cara menentukan arah garis dan besaran, terakhir (3) ketiga dengan menggunakan kode polar. 

Untuk mengerti bedanya, langsung aja latihan.
 
(1)   Latihan membuat garis dengan menentukan titik berdasarkan klik. 
Ketik “L” sebagai singkatan “line”  pada command script autocad yang terletak kiri bawah autocad. Kemudian tekan enter atau spasi akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. 


Gambar Command Script pada Autocad






Selalu perhatikan command, tampak tulisan LINE Specify first point: maksudnya adalah kita diminta autocad untuk menentukan titik pertama (awal). Klik aja  di sembarang tempat layar autocad akan muncul tampilan garis seperti gambar berikut. 

Gambar Tampilan Titik Awal Garis

















Dan perhatikan tulisan pada command, “Specify next point or [Undo]: “ Ini kita harus menentukan titik berikutnya. 


Gambar Tampilan Titik Berikutnya
















Hasil dalam layar  telah tergambar garis, tetapi masih menanyakan apakah kita ingin melanjutkan membuat garis berikutnya. Coba perhatikan tulisan pada command, “Specify next point or [Undo]: “. Kalau kita masih ingin melanjutkan ulangi klik pada titik disembarang tempat pada layar, tetapi apabila tidak ingin melanjutkan cukup tekan spasi atau enter.

Note : membuat garis dengan cara ini tentunya tidak memiliki satuan panjang garis seperti yang kita inginkan. Untuk membuat garis yang mempunyai ukuran, tentu kita menggunakan titik acuan tertentu (osnap). Pelajari tentang apa itu osnap?.

(2) Latihan membuat garis dengan cara menentukan arah garis dan menentukan besaran.
Sama dengan langkah di atas, ketik pada command script “L” kemudian tekan spasi atau enter. Lanjutkan dengan menggeser mouse ke arah garis yang ingin kita bentuk kemudian ketik panjang garis dan tekan enter. Untuk membuat garis yang tegak lurus kita perlu menghidupkan “ortho”. Pelajari tentang: Apa itu Ortho pada Autocad?. Sebagai contoh kita akan membuat segiempat atau kotak dengan ukuran  panjang 100 dan lebar 80. 

Gambar Kotak 100 x 80


Langsung aja, kembali pada langkah membuat garis seperti di atas, hanya saja bedanya setelah selesai menentukan titik 1 dengan klik disembarang tempat pada layar autocad, gerakkan mouse ke arah kanan, pastikan ortho dalam posisi on. Kemudian ketik angka 100 seperti pada kotak merah gambar di bawah. Selanjutnya akan terbentuk titik2 dengan jarak100.

Gambar Mengisi Angka 100 pada Command










 







Untuk membuat titik 3 yang berada diposisi bawah terhadap titik 2, maka lanjutkan dengan menggerakkan mouse ke arah bawah untuk membuat garis dari titik 2 ke titik 3 dan ketik lagi 80 dan spasi/enter. Dengan  langkah yang sama lakukan gerakan mouse ke arah kiri untuk membuat garis dari titik 3 ke titik 4 dan mengetik angka 100 dan seterusnya hingga titik 4 ketemu dengan titik 1.

(3) Latihan membuat garis dengan symbol atau kode polar.
Cara ini paling jarang penulis gunakan, mungkin karena belum sesuai fungsinya. Tapi bagus sebagai penambah pengetahuan dan memperjelas pengertian symbol yang berupa koordinat dan kode polar yang ada di autocad. Dengan soal yang sama untuk kotak 100 x 80 coba ikuti langkah-langkah berikut: Ketik pada command : “L”, spasi. Kemudian ketik symbol atau kode polar @100<0, spasi. Kode @ artinya membuat garis dengan panjang 100, dan < sudut yang dibentuk 0o. Pada gambar terbentuk garis dari titik 1 ke titik 2.    
Lanjutkan dengan ketik @80<90, spasi. Kode ini membentuk garis dari titik 2 ke titik 3. Berikutnya ketik @100<180, spasi kode ini membentuk garis dari titik 3 ke titik 4. Langkah terakhir ketik @80<270, spasi. Sehingga akan membentuk garis dari titik 4 ke 1 atau langkah ini bisa diganti dengan tekan C untuk Close. Pada gambar diilustrasikan belum termasuk langkah terakhir untuk menutup garis.  


Gambar Garis yang Terbentuk dari Titik 1 sampai Titik 4















Untuk lebih mengerti maksud kode polar @100<0, @ 80<90, @100<180 dan @80<270 akan diperjelas pada 2 gambar di bawah ini.
Perhatikan setiap titik permulaan pembentukan garis dan sudut yang akan dibentuk akan selalu dimulai dari garis horizontal (x) dengan arah putaran positif (berlawanan arah jarum jam).

Gambar Kode Polar @100<0 dan @80<90











Gambar Kode Polar @100<180 dan @80<270











Agar lebih mantap mengenai symbol atau kode polar, pelajari membuat garis dengan sudut.

Baca selanjutnya... Apa itu ortho pada autocad?














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of