Langsung ke konten utama

Cara Membuat Lingkaran (Circle)

Kita masih membahas tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang berjudul Cara Membuat Lingkaran (Circle),  disini dibimbing cara menggambar lingkaran dengan radius dan dengan garis bantu.

Menggambar bentuk lingkaran merupakan salah satu object yang paling basic untuk dikuasai. Dalam prinipnya, lingkaran memiliki titik pusat, radius dan diameter. Untuk itu langkah membuat gambarnya akan menentukan titik pusat atau center point dan menentukan radius atau diameternya. Dalam prakteknya, sering terjadi kesalahan ukuran. Saya sarankan, pastikan kita selaku memilih diameter.

Mari kita coba latihan membuat lingkaran dengan diameter 100.

Tips yang perlu diingat.. pastikan selalu mengecek command yang harus dalam keadaan kosong dengan menekan ESC untuk cancel atau membatalkan semua perintah.
Langkah pertama tentu kita ketikkan pada command C kemudian spasi. Perhatikan kelanjutan dialog pada command yang terdapat tulisan: “Specify center point for circle or …” yang mengharuskan kita untuk me-klik pada layar guna menentukan titik center lingkaran.


Gambar Command Circle dengan menggetikkan C





Setelah klik, tampak bentuk lingkaran dengan menggeser mouse sedikit kesamping. Perhatikan lagi dialog pada commandnya, “Specify radius of circle or [Diameter] :” artinya kita harus menentukan radius pada circle atau ketik d untuk pilihan diameter. Seperti yang telah saya sarankan tadi, sebaikknya kita jangan memilih dengan mengetikkan ukuran radius, tetapi pastikan kita mengisi d kemudian spasi. Langkah ini menghindari salah memberikan ukuran. Berikutnya, muncul tulisan “Specify diameter of circle:”, masukan atau ketik 100. Dialog commandnya dapat dilihat pada gambar di bawah:


Gambar Lingkaran dengan Menentukan Diameter 100


















Selesai sudah kita membuat lingkaran dengan diameter 100.

Cara lain membuat lingkaran menggunakan garis bantu.

Cara ini menggunakan garis bantu dengan ukuran radius. Tentu saja radiusnya adalah 50. Buatlah garis horizontal sepanjang 50. Hidupkan fungsi ortho. Lanjutkan membuat lingkaran tepat pada titik endpoint salah satu garis sebagai center dari lingkaran. Jangan lupa menghidupkan atau mode on osnap dengan menconteng settingan endpoint. Geser mouse hingga menjadikan salah satu titik endpoint garis sebagai titik penentuan radius yang harus di-klik.

Bagaimana jika menggunakan garis dengan panjang 100, dengan midpointnya sebagai acuan titik center? Ya boleh-boleh aja, pakai cara yang manapun, asal tujuannya sama. Tentukan pilihan langkah yang menurut kita paling efficient. Pada praktek gambar yang lebih rumit, biasanya akan menyesuaikan kondisi. Sekian tentang cara membuat lingkarang (circle), semoga bermanafaat. Salam berbagi…


Baca selanjutnya.. Membuat Segi 6 (Enam) Polygon.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of