Langsung ke konten utama

Kombinasi Line dan Copy

Pada tutorial belajar Autocad untuk pemula dengan judul Kombinasi Line dan Copy, merupakan penjelasan tentang 2 cara langkah COPY. Sebagai contoh bentuk aplikasinya adalah membuat kotak. Sehingga kita telah melengkapi logika cara membuat kotak dengan berbagai alternatifnya, seperti materi-materi sebelumnya. Jika belum baca klik : Kombinasi Line dan Offset sebagai Alternatif Cara Membuat Kotak, Membuat Kotak atau Rectangle


Command Copy, dapat disingkat CO adalah salah satu dari kumpulan command modify atau modifikasi yang berfungsi menyalin/ membuat duplikat object yang dipilih (ditentukan) dengan menentukan titik tumpu (base point) ke titik tujuan (second point). Penentuan kedua titik tersebut memerlukan mode on osnap. Baca juga tentang : Apa itu Osnap?

Kita buat contoh kotak 80x100, seperti materi sebelumnya guna memberikan alternatif membuat kotak menggunakan kombinasi LINE Dan COPY.

Membuat Kotak menggunakan Alternatif kombinasi Line dan Copy.

Cara 1. Titik Tumpu
Langkahnya, buatlah garis vertical setinggi 100 dan lanjutkan membuat garis horizontal sepanjang 80. Seperti tampak berikut.

Gambar Line Vertikal 100 dan Horizontal 80




















Lanjutkan dengan ketik CO, pada command, kemudian spasi untuk melanjutkan. Muncul tulisan pada command Select object:” artinya kita pilih object garis vertical dengan cara kotak sentuh. 

Gambar Command Copy dan Select Object




















Setelah itu masih muncul dialog select object lagi, kita akhiri aja dengan tekan spasi. Maka muncul tulisan “Specify base point or ….”  dengan arti menentukan titik tumpu/acuan pegangan dari object duplikat. Langsung klik aja bagian endpoint bawah garis vertical. Muncul duplikat garis saat kita menggeser mouse. Sedangkan pada dialog command tampak tulisan “Specify second point or…” artinya menentukan titik kedua/ titik tujuan duplikat akan ditempatkan. Klik endpoint ujung garis horizontal. Hasil pengcopyan seperti pada gambar.

Gambar Mengcopy Garis Vertikal












Lakukan hal yang sama yaitu mengcopy garis horizontal ke bagian atas sehingga terbentuk garis yang mempertemukan kedua garis vertikal hasil dari duplikat yang pertama di atas sehingga terbentuk gambar kotak dengan ukuran 80x100.

Gambar Mengcopy Garis Horizontal












Cara 2. Menggeser Mouse dan Jarak

Kita buat garis vertical setinggi 100. Ketik command CO, spasi. Lanjutkan dengan memilih object garis tersebut. Tentukan base point di sembarang tempat pada layar, kemudian geser mouse kearah samping. Pastikan menghidupkan ORTHO. Ketik 80 pada command dan tekan spasi. Duplikat garis dengan jarak 80 muncul disamping kanan garis vertical original. Baca materi apa itu Ortho pada autocad?

Gambar Command Copy dan Select Object




















Gambar Klik Di Layar, Geser Mouse dan Ketik Jarak Duplikat 80













Dengan hasil duplikat di atas, langkah apa yang harus kita lakukan sehingga menjadi kotak? Tentu saja hanya mempertemukan dari setiap ujungnya mengunakan garis (garis warna biru). Lebih jelas lihat gambar di bawah.

Gambar Menyambung Garis













Tips pada command Copy:
Gantilah command CO, karena antara tombol C dan O pada keyboard terlalu jauh, sehingga mempersulit jangkauan jari untuk mengetikkannya. Sebagai saran dapat dirubah dengan command CC menggunakan tips EDIT CEPAT GANTI COMMAND PADA AUTOCAD

Demikian sedikit tentang Kombinasi Line dan Copy, semoga makin memperjelas tips dan trik pada tutorial autocad ini.


Baca lanjutan... Apa itu Array?












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of