Langsung ke konten utama

Membuat Garis dengan Sudut

Tutorial belajar AutoCad untuk pemula ini menjelaskan bagaimana cara membuat garis dengan panjang dan sudut kemiringan yang ditentukan. Pada materi ini, diberikan pemahaman simbol polar dan langkah command pada 3 contoh kasus yang berbeda.

Untuk membuat garis dengan sudut, perlu mengingat kembali prinsip dasar orientasi putaran yang pernah disampaikan sebelumnya, baik putaran positif maupun negatif.
Langkah membuat garisnya sama menggunakan command LINE atau cukup diketik L dan spasi, kemudian muncul tulisan “Specify next point or [Undo] :” tentukan titik awal, setelah klik akan muncul tulisan “Specify next point or [Undo]:” Pada tahap ini isi dengan symbol atau kode polar:
@ panjang_garis < sudut

Agar lebih mudah pemahami tentang symbol atau kode polar tersebut, coba kita selesaikan 3 contoh kasus di bawah ini.

Kasus 1.
Buatlah garis dengan panjang 100 dengan kemiringan 300 seperti pada gambar.

Gambar Membuat Garis dengan Panjang 100 dan Membentuk Sudut 30 Derajat



















Penulisan symbol atau kode polar pada kasus 1 adalah @100<30.


Kasus 2 dan 3.

Buatlah garis dengan panjang dan sudut seperti pada gambar kasus 2 dan kasus 3 berikut:
 
Gambar Membuat Garis dengan Panjang 50 Sudut 85 dan Panjang 70 Sudut 60
 














Mari kita selesaikan satu persatu. Kasus 2, panjang garisnya jelas 50 tidak ada masalah. Tetapi yang perlu diperhatikan sudutnya, karena diketahui adalah 850, harus kita rubah menjadi sudut 950, maka penulisan symbolnya menjadi @50<95. Mengapa demikian? Karena orientasi acuannya 00 harus mengikuti aturan yang telah dibuat default autocad dengan arah putaran positif (+). Jika berdasarkan hitungan angka 95 diperoleh dari garis lurus selalu 1800, sehingga 180 - 85 = 95.

Gambar Perubahan Sudut Menjadi 95 Derajat berdasarkan Acuan

















 Sedangkan kasus 3, panjang 70, diketahui sudutnya adalah 600, harus dirubah menjadi 3000. Penulisan symbolnya @70<300. Berdasarkan hitungan 180+120 = 300 untuk arah putaran positif.


Gambar Perubahan Sudut Menjadi 300 Derajat berdasarkan Acuan




















Ada satu cara lagi yang lebih simple dari pada harus repot-repot menghitung, kita gunakan aturan putaran negatif, seperti pada gambar di bawah. 

Gambar Perubahan Sudut dengan Acuan Arah Putaran minus (-)

















Penulisan symbolnya menjadi @70<-60. Cukup menyisipkan tanda minus (-), karena 600 merupakan sudut putaran negatif terhadap acuan 00. Lebih mudah bukan? Tentu saja asal kita mengerti semua jadi mudah. 

Selamat mencoba.. Semoga materi Membuat Garis dengan Sudut ini bermanfaat.


Baca selanjutnya... Kombinasi Line dan Offset sebagai Alternatif Cara Membuat Kotak.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of