Langsung ke konten utama

Tips dan Trik Cara Belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi

Hai sobat praktisi konstruksi..

Tahukan sobat, apakah penting mempelajari Autocad bagi praktisi konstruksi atau sering disebut juga orang lapangan (construction)? Bukankan Autocad hanya buat orang engineering, atau design. Tentu saja program autocad diperuntukkan untuk design. Bagaimana dengan orang lapangan? Ada beberapa alasan mengapa penulis mengangap penting dan ingin bagikan tips dan trik belajar autocad bagi para praktisi konstruksi, yaitu:

Metode belajar bagi pra praktisi


Pertama, program autocad sampai saat ini masih exist, terbukti masih banyak ditemui file-file dalam bentuk cad file. Artinya sampai saat ini untuk menggambar 2D, autocad masih menjadi andalan para designer.

Kedua, walaupun banyak file-file gambar sudah dalam bentuk pdf, tetapi masih memiliki kekurangan. Sangat sulit mempelajarinya. Garis-garis terkadang terlihat menjadi satu, sulit untuk membedakannya. Sehingga kembali pada cad file untuk mempermudah mempelajarinya.

Ketiga, shop drawing. Apa itu shop drawing? Shop drawing bisa disebut juga gambar detail sebagai acuan bagi pekerjauntuk menyelesaikan pekerjaan di lapangan. Shop drawing menjadi tanggung jawab construction agar tidak terjadi kesalahan baik melaksanakan pekerjaan fabrikasi dan konstruksi (construction). Untuk itu AutoCad masih sangat diperlukan.

Keempat, berdasarkan pengalaman penulis, AutoCad sangatlah membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan, mulai dari estimasi material sampai rigging (pengangkatan).

Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi autocad bagi para praktisi konstruksi, untuk itu ikuti langkah-langkah Tips dan Trik Cara Belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi yang akan dijabarkan pada materi kali ini.

Lalu, bagaimana cara belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi? Tipsnya tentu yang praktis-praktis dan berbeda dengan cara belajar untuk calon drafter atau designer di bidang engineering yang harus mengikuti aturan belajar terstruktur dan suatu keharusan mempelajari autocad secara keseluruhan hingga mahir. 

Tips-tips praktisnya adalah

Tips 1, Memahami prinsip kerja autocad secara umum.
Tips 2, Mengerti bagaimana cara mempelajari gambar konstruksi dengan autocad.
Tips 3, Mengerti cara mencetak autocad.
Tips 4, Mengerti cara merubah dari file autocad menjadi pdf.
Tips 5, Mengerti bagaimana membuat dimensi.
Tips 6, Mempelajari kasus per kasus.

Bagi para praktisi konstruksi yang telah menguasai dasar autocad, lewati saja bagian bawah ini, langsung aja menuju Tips 6.

Ayo kita jabarkan satu persatu tips-tips itu:

Sebelum memulai, penulis ingin sampaikan bahwa cara belajar di sini tidak harus diikuti dari awal sampai akhir. Sobat dapat mempelajarinya bagian-bagian yang dirasa memang belum dimengerti saja, sedangkan apabila sudah mengerti lewati. 

Tips 1, Memahami prinsip kerja autocad secara umum.

Disini sobat dituntut untuk memahami cara membuka autocad, membuka file autocad dan menyimpan file di folder. Dapat membedakan file autocad dan yang lain. Cad file memiliki extensi dwg, sedangkan backupnya adalah bak. Mempelajari tampilan autocad, menu dan prinsip dasar autocad. Lanjutkan mempelajari lampilan autocad dan cara kerja program autocad pada step-1 Tips-Cara Belajar Autocad-Panduan Belajar bagi Pemula.

Tips 2, Mengerti bagaimana cara mempelajari gambar konstruksi dengan autocad.

Gunanya untuk mempelajari gambar konstruksi di autocad dengan kemampuan mengerakan dan mengoperasikan fungsi mouse, melihat, memperkecil, membesarkan tampilan (zoom) dan menggeser tampilan (layar) pada autocad.

Baca materi terkait: 

Tips 3, Mengerti cara mencetak autocad.

Bagi para praktisi, pekerjaan mencetak tentu tidak akan hanya diserahkan kepada document control saja, akan tetapi satu sampai beberapa lembar untuk keperluan yang urgent akan sobat lakukan sendiri, bukan? Oleh sebab itu, pengetahuan mencetak atau print sangat diperlukan. Ikuti langkah step-4 Pengetahuan cara printing pada Tips-Cara Belajar Autocad-Panduan Belajar bagi Pemula.

Baca materi terkait: 


Tips 4, Mengerti cara merubah file dari autocad menjadi pdf.

Mengapa diperlukan kemampuan merubah file autocad menjadi pdf? Karena berhubungan dengan pengiriman file gambar dan file-file autocad yang sangat besar, dan juga tidak semua client mengerti cad file maka salah satu cara adalah merubah cad file menjadi pdf. 

Salah satu program yang dapat digunakan adalah adobe acrobat. 

Tips 5, Mengerti bagaimana membuat dimensi.

Kegunaan mempelajari ini, terkait alasan kedua, yaitu untuk memperjelas gambar yang sobat pelajari. Ada beberapa kasus gambar yang terlupakan dalam pemberian dimensi dan kurang detail sehingga diperlukan pengetahuan tentang bagaimana membuat dimensi. 

Tips 6, Mempelajari kasus per kasus.

Pada tips ini, penulis ingin membagikan berbagai pengalaman tentang kegunaan autocad pada bidang konstruksi yang selama ini penulis geluti. 

Untuk mempelajarinya sobat tidak diharuskan melalui langkah satu per satu, bisa loncat-loncat sesuai kebutuhan. Cara belajar per kasus yang dihadapi juga boleh. Atau lihat sitemap untuk materi yang dicari atau pilih kasus per kasus yang sobat ingin pelajari saja, 

Kumpulan Tips Praktis bagi Praktisi Konstruksi :

- Mencari Luas Profil WF dengan AutoCad untuk Menghitung Berat

Akhir kata, semoga materi tentang Tips dan Trik Cara Belajar AutoCad bagi Praktisi Konstruksi bermanfaat bagi sobat-sobat praktisi konstruksi di mana pun sobat berada.
Pelajari juga tentang :











Komentar

Tutorial AutoCAD X mengatakan…
Siplah, saya suka informasi nya
Nazli Yusadi mengatakan…
Sama-sama.. Senang bisa mampir di blog saya pak.. salam berbagi. Boleh dong saling bebagi disini, mungkin ada pengalaman bapak juga yang menambah wawasan bagi generasi autocad Indonesia.
Walidin mengatakan…
Nice info
Ilhami mengatakan…
Keren saya sedang mempelajari ini

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of